Senin, 13 Januari 2014

15 Tahun Lagi Bebas

Saat bersiap pulang sesudah bekerja dari rumah sakit, ada pemandangan yang tidak saya sukai.

Ada anak remaja putri sedang merokok dengan 'pandainya' tanpa merasa risih sama sekali.

Saya dekati dan tanyakan sudah berapa lama merokok,

"Sudah sekitar setahun Pak"

Bisa stop tidak?

"Susah untuk berhenti"

Tahu merokok itu berbahaya?

"Tahu"

Karena merasa anak ini bisa diajak komunikasi, saya ajak diskusi sedikit.

Saya jelaskan kalau dia merokok hari ini, racun dari rokok yang diisap itu baru akan benar-benar hilang dari tubuhnya 15 tahun kemudian.

"Hah? Lama banget Pak?"

Itu belum berbahaya, masih ada beberapa temannya rokok yang ikut hadir, seperti kanker disemua titik badan, gangguan paru-paru, gangguan fungsi seksual, jantung dan lain-lain.

"Ngeri sekali ya Pak?"

Tidak juga sih, karena sebelum kena dampaknya orang belum akan sadar. Masalahnya kalau dampaknya mulai timbul, berarti sudah terlambat.

Masih mau merokok?

Ada istilah yang membuat saya merokok dulu,

"Kalau tidak merokok bukan laki-laki...."

Saya tambahkan lagi,

"Kalau laki-laki biasa tidak bisa berhenti merokok. Kalau laki-laki luar biasa hebat, pasti bisa berhenti merokok"

He..he..he.....

Saya sudah stop merokok sejak 15 tahun yang lalu.

Pagi, Sukses n GBU All...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar