Jumat, 10 Januari 2014

Angka Psikologis

Ada seorang pedagang buah di Kalimalang, Jakarta yang istimewa. Dia biasa dipanggil Bang Jali, entahlah nama aslinya siapa.

Setiap hari jualan buah sesuai musim, paling hanya 2 atau 3 macam buah saja yang dijual.

Istimewanya?

Selalu ada saja buah yang dijual dengan harga Rp.5.000,-

Kenapa?

"Itu angka psikologis untuk sebagian besar orang yang lewat disini. Maksud saya angka yang pantas untuk harga buah-buahan"

Hmmm......

"Saya memang tukang jual buah Bang, tapi dulu kuliah manajemen, sempat kerja di perusahaan importir buah-buahan juga"

Hah...??

"Saya berhenti karena sakit paru-paru akibat merokok. Perusahaan kasih pesangon, karena syarat kerja disana tidak boleh kena sakit paru-paru"

Oh begitu,

"Sekarang hasil jualan sama gaji rata-rata teman yang kerja ditempat saya dulu banyakan saya, Bang..."

Memang menjadi karyawan hanya aman diakhir bulan ada gaji. Sedangkan pedagang pasti setiap hari ada pemasukan.

Bila Anda mau buka usaha berdagang, pelajari ilmunya Bang Jali ini, karena semua produk punya harga psikologis di setiap daerah.

Contohnya, diseputaran Kapuk, banyak toko atau counter HP yang menjual HP murah dari harga Rp.90.000,- sampai Rp.500.000,-

Angka psikologis disana adalah Rp.200.000,- karena penjualan terbanyak adalah HP dengan harga itu. Pedagang yang bermain dengan harga ini omsetnya bagus.

Angka psikologis? Dalam Ilmu Marketing dikenal dengan Reasonable price.

Pagi, Sukses n GBU All...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar