Minggu, 06 April 2014

Tanggung Jawab Siapa?

Pulang mengantar anak ke sekolah, nyaris seorang bocah berumur 3 tahunan ditabrak mobil didepan saya. Ibunya bocah itu yang asyik ngerumpi di tukang sayur langsung marah-marah,

"Bawa mobil yang benar dong, anak saya hampir mati ditabrak"

Pengemudi mobil diam saja, hal ini membuat saya tidak tahan untuk diam.

'Ibu dengar tidak bapak ini sudah klakson berkali-kali?'

"Saya tidak dengar, saya lagi beli sayur"

'Kalau Ibu bawa anak, pentingin anak Ibu dari pada ngobrol yang tidak ada gunanya'

"Ya, tapi bawa mobil mestinya pelan-pelan dan hati-hati"

'Bapak ini sudah pelan, Bu. Kalau tadi anak Ibu ditanrak itu tanggung jawab ibu sendiri. Sudah Pak, lanjutkan perjalanan Bapak'

Mungkin kita semua merasa kesal kalau melihat kelakuan ibu tadi, namun....

Hal yang sama sering kita lakukan juga, begitu mudah kita melemparkan kesalahan dan tanggung jawab kepada orang lain.

Mari kita belajar untuk menggali sumber masalah dari dalam diri kita terlebih dahulu sebelum kita menunjuk orang lain sebagai sumber masalah.

Bertanggung jawab berarti meninggalkan kebiasaan mencari kambing hitam.

Pagi, Sukses n GBU All...

1 komentar: