Rabu, 23 Juli 2014

Gembol n Konde Season

Do you know what's the meaning of gembol?

Gembol adalah membawa barang dengan kemasan seadanya, biasanya kain seprai atau kain sarung.

Namun yang saya bahas kali ini adalah gembolan atau barang bawaan para pemudik yang menggunakan sepeda motor. Pemandangan khas seminggu sebelum lebaran datang, bahkan sebelum masuk bulan puasa.

Biasanya gembolan berupa tas yang diikat di bagian belakang motor dan diletakkan juga didepan jok motor disela-sela kaki pengemudi. Kebiasaan ini dalam suasana diluar lebaran dilakukan oleh kurir pengiriman barang dengan sepeda motor.

Kalau konde?

Konde adalah cara kami menyebut barang-barang yang diletakkan diatas atap mobil saat dalam perjalanan mudik ke kampung halaman.

Terkadang ukurannya bisa besar sekali, sampai memenuhi atap mobil. Beberapa kali juga terlihat konde yang tinggi sekali. Ini akan mengundang bahaya bila mobil bergerak dengan kecepatan tinggi.

Namun....

Jangan terlalu banyak membawa gembolan atau kondean, karena beberapa kali kemarin siang terlihat motor gembolan dihentikan polisi di Kalimalang. Entah ditilang atau diapakan, karena tidak bisa mengamati dalam waktu lama.

Kejadian semacam ini sangat tidak mengenakkan, juga akan mengundang bahaya juga. Secara mental pengemudi akan kacau konsentrasinya yang bisa mengundang bahaya celaka di jalanan.

Saat ini ada jasa pengiriman motor dan barang bawaan secara gratis, nampaknya perlu dipertimbangkan untuk mengambil langkah ini juga.

Kenapa?

Hujan juga sudah mulai datang, resiko sakit akan lebih besar terjadi. Bayangkan sampai di kampung halaman harus terkapar sakit.

Ok, semuanya pilihan Anda, yang penting hati-hati di perjalanan.

Pagi, Sukses n God Bless You All

Tidak ada komentar:

Posting Komentar