Minggu, 31 Agustus 2014

Oleh-oleh Saung Ujo (2)

Hal kedua yang sangat menarik perhatian saat berkunjung ke Saung Ujo adalah Build A Multy Talented Artist System. Sebuah sistim pelatihan yang menghasilkan artis dengan banyak bakat.

Contoh nyatanya adalah artis musisi kita Indra Lesmana. Sejak kecil karena bakat seninya yang luar biasa dia dilatih untuk bisa memainkan semua alat musik dan dia bisa memainkan semua alat musik dengan benar.

Kembali ke pokok bahasan yuk....

Anak-anak yang sekolah angklung di Saung Ujo tidak hanya bisa memainkan angklung saja, mereka juga diajari menari, bermusik, menyanyi bahkan belajar ilmu perdalangan juga.

Untuk apa mereka diajari untuk multy talented?

Belajar dari pola pelatihan seniman luar negeri yang belajar gamelan di institut Seni Yogyakarta. Para seniman diajari memainkan semua alat musik dengan tujuan bila dia pulang ke negaranya dia bisa mengajari lagi cara bermain alat musik gamelan pada muridnya disana.

Apakah ini berkaitan dengan pola Saung Ujo?

Bila jawabannya adalah ya, maka Saung Ujo mempersiapkan regenerasi jalan panjang untuk kesenian Jawa Barat. Dengan harapan besar bahwa kesenian asli Jawa Barat tidak akan pernah mati.

Salut untuk Saung Ujo....

Cara mendidik seperti juga akan sangat bermanfaat bila diajarkan pada anak-anak dalam setiap keluarga.

Harapannya adalah bila dari kecil biasa lakukan berbagai bakat, mau jadi apapun nantinya dia bisa secara fleksibel lakukan.

Pagi, Sukses n God Bless You All

Tidak ada komentar:

Posting Komentar