Minggu, 05 Juli 2015

Datang Dugalku (1)

Tulisan ini ada dalam display picture teman dari Malaysia, dibawah tulisan ada seorang pria menatap ke depan dengan mata nanar berlinang air mata.

Dugal dalam bahasa Dayak dan Melayu Kalimantan mempunyai arti yang sama, yaitu bandel, nakal, iseng yang membuat susah, marah dan jengkel orang lain terutama orang tua.

Lazimnya dipakai untuk anak-anak kecil sampai remaja. Kenakalan yang ringan saja biasanya dinamakan dengan dugal.

Namun, bila lelaki dewasa yang lakukan hal ini maka masalahnya akan serius sekali, karena kenakalan yang dilakukan akan berbeda sekali.

Kenakalan yang dilakukan orang dewasa tidak akan berujung omelan orang tua, namun hukuman dari masyarakat yang akan diterima tanpa ampun. Bahkan hukuman dari negara bila sudah melanggar hukum.

Bulan ramadhan adalah juga bulan kenangan masa kecil, pada bulan ini akan teringat semua kejadian saat bertumbuh bersama keluarga, terutama kenangan akan ibu tercinta.

Anda tahu lelaki pantang mengeluarkan air mata, namun dalam kasus dugal ini air mata lelaki akan menetes juga bila ingat ibunya.

Hilang semua pantangan itu, hal ini juga membuat air mata saya sempat menetes saat melihat gambar itu, karena saya sangat bandel waktu kecil.

Jadikan bulan ini sebagai bulan untuk introspeksi diri, pakai pertanyaan ini,

"Kalau ada Ibu dihadapan saya, bahagiakah beliau melihat kenakalan saya saat ini?"

Kalau datang dugalmu, ingatlah Ibunda tercinta.

Pagi, Sukses n God Bless You All..
www.hentorum.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar