Jumat, 21 November 2014

Jaring Bambu Ganti Pancing

Hari rabu yang lalu saat melewati Kali Pesing terlihat air yang meluap sampai ke jalan raya. Airnya berwarna hitam keruh, sepertinya tidak akan ada kehidupan lagi didalam air itu selain jasad renik mikroskopis saja.

Padahal dalam rentang waktu sekitar 30 tahun yang lalu, kali ini adalah kali yang memiliki populasi ikan yang ukurannya besar-besar sekali. Banyak pemancing handal dan pembuat jala yang mengandalkan hidupnya dulu disini.

Keadaan sekarang?

Kali Pesing masih diramaikan oleh beberapa buah perahu yang tidak lagi membawa pancing, namun membawa batang bambu yang ada jaring kecil diujungnya. Bukan lagi untuk menangkap ikan, tetapi untuk menangguk sampah plastik yang dibuang warga ke kali itu.

Ironis?

Mungkin saja. Namun bila itu memang membuat mereka bisa hidup, maka tidak ada masalah. Toh tidak banyak orang yang bisa duduk tenang diatas sampan dengan lebar 35-40 cm itu, hanya merekalah yang bisa melakukan itu.

Perjalanan hidup kadang mengajarkan kita untuk pandai melakukan suatu bidang kerja. Tetap kuasai bidang itu, karena suatu saat kita akan memerlukan skill itu.

Apa betul?

Waktu akan menjawabnya.

Pagi, Sukses n God Bless You All..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar