Kamis, 20 November 2014

Wicked Tuna

Acara TV di National Geographic Channel ini selalu memacu adrenalin bila ditonton. Bercerita tentang kompetisi nelayan modern yang hidup dari memancing ikan Tuna Sirip Biru.

Tahun ini pesertanya lebih banyak dari tahun-tahun yang lalu, bukan hanya nelayan dari daerah Gloucester saja, tapi juga dari Amerika Utara.

Episode kemarin pagi bisa menjadi pelajaran penting. Saat memancing, kapal Hard Merchandiser dengan kapten Don Marciano mendapat kejutan hebat.

Ada 3 ekor tuna sekaligus yang terpancing, bila kapal lain akan memberi tanggung jawab pada awak kapal yang lain untuk menangkap semua ikan terpancing dengan cara memegang masing-masing joran dan berusaha menangkap semua ikan sekuat dan semampu mereka.

Kalau Don?

"Kita harus pilih salah satu, kalau tidak maka tali pancing akan bersilangan dan putus..."

Hasilnya?

Satu ikan diangkat dan 2 ikan lepas membawa mata kail dan cumi-cumi karet seharga 400 dollar karena senar pancingnya benar-benar putus.

Seandainya Don mengijinkan awak yang lain mengangkat ikan yang lain mungkin ceritanya akan berbeda, karena lazim terjadi mendapatkan 2 ikan pada saat yang sama.

Rakuskah berpikir begitu?

Bukan rakuslah rasanya. Kalau Tuhan ijinkan saat yang sama 3 ekor ikan terpancing, pasti saat itu adalah saat rejeki besar datang. Angkat semuanya selama masih bisa dilakukan, toh awak kapal ada 2 orang lagi.

Terkadang kita sebagai manusia suka sekali mengandalkan teori kemanusiaan kita yang sangat terbatas itu.

Bila pintu rejeki yang halal itu terbuka, masuk dan ambil peluang itu. Kalau tidak semua akan hilang atau menjadi milik orang lain.

Pagi, Sukses n God Bless You All..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar