Minggu, 28 Desember 2014

INTROSPEKSI (Copas Mr.Roni Angga)

Sebelum memasuki sebuah barbershop, seorang bapak memberi nasehat kepada anaknya,

"Untuk mendapatkan hasil cukur yg baik tidak usah takut memilih tukang cukur yg model rambutnya buruk. Karena kita tahu itu bukan hasil cukurannya sendiri"

Ya, tepat sekali. Seorang tukang cukur yg ahli sekalipun tak dpt memangkas rambutnya sendiri dgn bagus. Demikian juga seorang dokter tak dapat mengoperasi dirinya sendiri.

Meskipun memang ada seorang dokter gigi yg mencoba memecahkan rekor dgn menambal giginya sendiri, tapi kita pasti yakin hasilnya tak sebagus hasil karyanya di gigi pasiennya.

Ini memberikan kita gambaran bahwa setiap orang, sehebat apa pun, membutuhkan orang lain dalam hdup ini.

"Mata bisa melihat segala hal kecuali dirinya sendiri"
-Ralph Emerson Waldo-

Kita membutuhkan orang lain utk memperbaiki sikap kita yg salah. Kita memerlukan nasihat orang tua, teguran sahabat, kritik dari atasan, saran dari pasangan dan nasihat yg baik dari siapa saja.

Memang pada saat mendengar tindakan kita dikritik atau ditegur, rasanya tidak nyaman. Lebih enak dan menyenangkan bila kita slalu dipuji didukung.

Akan tetapi orang yg dpt menerima teguran dari nasihat dari orang lain sebenarnya sedang menolong dirinya sendiri agar terhindar dari hal2 buruk.

Sebaliknya, sungguh kasihan orang yg menganggap pendapatnya sendiri paling benar. Ia tak berkesempatan memperbaiki hidupnya dan mendapatkan yg lebih baik dari pendapatnya sendiri.

Berbahagialah Anda, berterima kasihlah kepada orang yg selama ini rajin mengkritik Anda. Lihatlah orang tsb bukan sbg musuh, justru anggaplah dia sebagai sahabat.

Sebaliknya hati2lah terhadap orang yg selalu me-muji2 Anda, sebab belum tentu dia melakukannya dgn tulus.

Have a Great Day

Tidak ada komentar:

Posting Komentar