Rabu, 19 Agustus 2015

BURUNG PELICAN (Copas : Mr.Johan Setiadi/ Mr.Tjin K)

Di pantai Monterei, California, USA burung pelican hidup enak bagai di surga  selama bertahun-tahun tanpa harus bersusah payah mendapatkan makanan mereka yaitu ikan, karena banyaknya pabrik pengalengan ikan saat itu.

Saat para nelayan membersihkan tangkapan ikan dan memilah yang kurang bagus, maka para burung pelikan tinggal menyantapnya tanpa harus  kerja keras menyelam memburu ikan di laut.

Burung pelican sebenarnya adalah penangkap ikan yang ulung, mereka terbang berkelompok di atas gelombang laut dan ketika melihat ikan, mereka menyelam ke dalam air dan menyekop tangkapan mereka dengan paruh lebarnya.

Seiring waktu berlalu, ikan-ikan di pantai California mulai berkurang sehingga satu persatu pabrik pengalengan ikan tutup.

Burung pelican pantai Monterei ini mulai mendapatkan masalah. Kebiasaan hidup enak bertahun-tahun membuat mereka kehilangan naluri berburu, malas dan membiarkan dirinya kelaparan.

Para ahli lingkungan hidup di wilayah tersebut mencari cara untuk menolong burung pelican tersebut dan akhirnya didapatkan solusi untuk diterapkan kepada para burung tersebut.

Para ahli mendatangkan burung pelican dari daerah lain dan mencampurnya dengan burung pelican lokal.

Pelican pendatang itu dengan naluri pemburu ikan yang hebat langsung berburu dan hidup enak.

Melihat hal itu menyadarkan pelican lokal yang kelaparan tadi, mereka akhirnya bergabung dan mulai memburu ikan seperti para pelican pendatang dan naluri berburunya kembali pulih.

Pelajaran yang bisa kita ambil adalah, setiap manusia mempunyai zona nyamannya sendiri, tetapi kehidupan punya cerita lain yang mungkin akan merusak zona nyaman kita.

Sebagian manusia memilih tidak mau berubah atau meninggalkan zona nyamannya yang sudah berubah.

Kita bisa belajar atau mendekat kepada orang orang yang sukses, sehingga kita bisa mengubah cara pandang kita dan berubah ke arah yang lebih baik.

Selamat malam sahabat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar