Rabu, 19 Agustus 2015

Renungan: Kemerdekaan (Copas Mr. Sule YNK Adam)

Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sbg kesempatan untuk kehidupan dlm dosa, melainkan layanilah seorang akan yg lain oleh kasih (Galatia 5:13).

Kemerdekaan orang Kristen bukanlah hasil usaha manusia, melainkan anugerah & pemberian Tuhan. Allah yg memanggil kita untuk dimerdekakan. Dimerdekaan dari apa? Tentu bukan merdeka dr penjajahan seperti yg dialami oleh bangsa kita. Jika Indonesia 3,5 abad dijajajah oleh Belanda , diperbudak & juga dijadikan orang-orang kerja paksa. Bangsa kita berusaha untuk melawan penjajahan dgn mengusir penjajah, oleh karna usaha sendiri & keuletan yg hebat akhirnya bangsa kita merdeka, & kemerdekaan itu diproklamirkan pada tanggal 17 Agustus 1945.

Berbeda dgn kemerdekaan di atas, dlm kehidupan orang-orang percaya, secara rohani. Kita dimerdekekan oleh Kristus dari perbudakan dosa atau dr perhambaan dosa. Firman Tuhan menjelaskan bahwa Allah memanggil kita untuk merdeka. Dlm terjemahan bahasa Inggris disebutkan: “For you have been called to live in freedoom-not freedom to satisfy your sinful nature, but freedom to serve one another in love “. Jelas sekali melalui ayat ini bahwa kita dimerdekaan Kristus, kita di merdekakan bkn karna kita melakukan sesuatu, melainkan karna Anugerah & Pemberian Tuhan. Ini berarti bahwa kehidupan kita menjadi kehidupan yg bebas dari pengaruh2 dosa & juga kedagingan.

Karya Allah untuk memerdekakan kita dikerjakannya ketika Ia menyerahkan diriNya menjadi tebusan atas dosa-dosa kita. Di kayu salib tatkala Ia menyerahkan diriNya, semua dosa & pelanggaran kita tlah diselesaikannya. Seharusnya kita anak-anak Tuhan harus mengerti hal ini dgn baik, bahwasanya, kita bukan lagi orang-orang yg tdk merdeka, tp kita sdh bebas tdk ada ikatan-ikatan lagi, bahkan kita sdh merdeka.

So, mari kita belajar di pimpin oleh Tuhan agar kita merdeka dari dosa dosa.

Met pagi & beraktifitas
MERDEKA !!!
Tuhan Yesus Memberkati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar