Kamis, 30 Oktober 2014

ORANG BESAR (Copas Mr.Johan Setiadi)

"KITA BISA MELIHAT ORANG BESAR DARI TINDAKANNYA PADA HAL-HAL KECIL. SAAT ORANG MENGECILKAN KITA, DISITU KITA TAHU KITA ORANG BESAR ATAU TIDAK"

Ada kisah tentang seorang jenderal bintang empat diperlakukan seperti pelayan restoran.

Ceritanya celana seragam jenderal itu sangat mirip dengan seragam pelayan suatu dinner.  Jadi tidak sengaja seorang tamu memberikan order, minta minum kepada jenderal ini.

Dengan santai Jenderal ini pergi mengambilkan minum untuk tamu tersebut, yang panik saat tahu ia menyuruh seorang jenderal. Tapi jenderal ini hanya tersenyum, dan tidak mempermasalahkannya.

Juga Karl Malone, pebasket kenamaan sekelas Michael Jordan, pernah lewat di depan bandara, dan seorang ibu mengira ia adalah porter atau petugas taksi. Maka ibu ini meminta Karl membawakan kopernya ke taxi.

Dengan senang hati, Karl Malone menaikkan tas itu ke bagasi. Saat ibu mau memberikan tips, dengan sopan Karl Malone menolak dan menjelaskan siapa dirinya.

Tapi sebaliknya, ada penyanyi yang hendak masuk di suatu acara. Petugas di pintu tidak mengenalinya, dan dengan gugup bertanya,

"Anda siapa?"

Dengan marah sang penyanyi segera menyelonong masuk, mencari panitia, dan memerintahkan agar petugas di pintu segera dipecat.

Saya kira begitulah, besar kecil nya seseorang terlihat saat mengalami perlakuan “merendahkan” dari orang lain.

Kalau kita panik, dan bereaksi keras untuk mempertahankan “kebesaran” kita, maka kita sebenarnya orang “kecil”.

Tapi orang besar yang sebenarnya itu tetap bereaksi sopan dan anggun saat disepelekan orang lain.

Kebesaran orang terlihat saat ia berbesar hati manakala ia dikecilkan.

Kekerdilan orang terlihat saat ia membesar-besarkan hal sepele.

Selamat Siang Sahabat,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar