Kamis, 29 Januari 2015

Neisia (1)

Saat bertemu lagi dengan Ibu muda ini, ada hal yang sangat berbeda. Dia jauh terlihat lebih matang, tidak mudah panik dan meledak seperti dulu lagi.

"Pak, si Aldi sudah mulai bisa bicara sekarang. Makan kue bisa, minum susu juga bisa. Umurnya sudah 18 bulan dan beratnya 6 kg lebih"

Bagi para ibu akan bertanya, umur 18 bulan beratnya 6 kg?

Ya, Aldi lahir dengan kelainan Labiopalato Schizis, suatu cacat lahir bibir sumbing yang melebar kedalam sampai tulang langit-langit.

Saat dulu dibawa untuk diperiksa Aldi baru berumur 6 hari, muka kebiruan karena tersedak ASI. Badannya sangat mungil dan sumbing itu terlihat sangat lebar untuk muka yang mungil itu.

Ada satu cerita yang terungkap saat bertemu secara pribadi dengan Neisia beberapa hari kemudian.

Selama kehamilan Neisia sering ribut dengan Dirga suaminya, usia sangat muda untuk menikah menjadi pemicu pertengkaran mereka.

Setiap kali bertengkar dan marah besar Neisia akan pergi kerumah temannya untuk minta disuntik putauw. Dia lakukan berkali-kali tanpa menyadari bahaya terhadap janin kandungannya.

Apa bahayanya?

Pemakaian narkoba dimasa kehamilan akan ada saat dimana proses pembentukan organ tubuh ikut terhenti saat si Ibu sedang 'on' lalu dilanjutkan lagi saat dia 'drop' dari efek narkobanya.

Kelihatannya pada waktu bibir dan tulang langit-langit Aldi dibentuk ada fase proses yang terhenti karena ibunya teler.

Sepadankah resikonya dengan kenikmatan sesaat yang dirasakan diwaktu teler itu dengan cacatnya anak?

Rasanya sangat tidak sebanding dan tidak adil buat Aldi...

So...

No Drug lah, jangan jadi pengecut dalam menjalani kehidupan ini, hadapi dengan sadar sekuat daya upaya Anda.

Pagi, Sukses n God Bless You All..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar