Selasa, 03 Februari 2015

Renungan pagi (Copas Sule YNK Adam)

Rom 12:16
janganlah kamu memikirkan perkara-perkara yang tinggi, tetapi arahkanlah dirimu kepada perkara-perkara yang sederhana. Janganlah menganggap dirimu pandai!

Seorang bangsawan bernama Gao Hwan menguji keterampilan manajemen putra2nya. Ia memberikan masing2 putranya beberapa untaian tali sutra yang kusut untuk diluruskan. Gao Yan, si putra bungsu, melihat kakak2nya gagal. Lalu ia mencoba dengan cara yang berbeda. Ia mengambil untaian tali sutra yang kusut itu lalu memotongnya menjadi potongan yang lebih pendek sehingga mudah diluruskan. Potongan tali yang pendek lebih mudah untuk diluruskan dan lebih hemat waktu. Ia mampu menyederhanakan masalah dengan cara membaginya menjadi potongan yang lebih pendek. Dan hal itu sangat menyukakan hati ayahnya.

Seringkali kita melihat masalah yang kita hadapi sangat besar dan membuat kita seakan tak mampu untuk menghadapinya. Caranya, kita harus membagi persoalan yang kita hadapi dalam beberapa bagian agar masalah yg terjadi nampak lebih jelas. Dengan menyederhanakan masalah maka kita pun akan lebih mudah mencari solusinya.

Memang kita harus bisa melihat masalah secara keseluruhan, tapi jangan pusatkan perhatian kita hanya pada masalah yang besar tsb, tapi Percayalah  kita punya Tuhan yg jauh lebih besar dari masalah masalah kita, So andalkan Dia dan mulai pikirkan cara yg lebih sederhana/simple yang dapat kita lakukan, tanpa menghilangkan yg esensi. 
Bagilah dalam beberapa tahap, lalu mulai kerjakan dari tahap yg paling mudah terlebih dahulu. Jangan menyombongkan diri dengan menganggap diri pintar sehingga tidak mau menyederhanakan masalah dan tidak mau memohon pertolongan Tuhan. Tuhan akan memberikan kita hikmat bagaimana cara mengurai masalah yg kita hadapi.

Tidak ada masalah yg terlalu rumit untuk diselesaikan, jika kita mampu membuatnya menjadi lebih sederhana.
Buatlah yg sulit menjadi sederhana, bukan sebaliknya mempersulit yg sederhana..

Selamat pagi
Selamat beraktifitas
Tuhan Yesus Memberkati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar