Minggu, 07 September 2014

Ban Ninja 250 (2)

Ada pertanyaan dari teman pemilik Kawasaki Ninja 250, Ninja 150 dan Honda CBR 250. Semua kendaraan yang lupa untuk berjalan pelan kalau sudah digas dalam.

"Bro, kadang ganti ban motor kecil agak gede gini jadi masalah juga, apalagi duit tidak selalu siap. Bagaimana menyiasatinya?"

Hmm.....

Jawaban ini akan berguna juga bagi banyak teman yang punya motor gede, mobil harian, mobil khusus, dan banyak peralatan yang memberi pengeluaran rutin yang lumayan.

Bila ban motor Ninja 250 seharga 1.3 juta, perkiraan akan gundul dalam waktu 6 bulan misalnya, maka uang yang harus disisihkan adalah,

1.3 juta x 2 (depan + belakang) : 6

Maka setiap bulan harus menyisihkan uang sebesar 250 ribu. Perhitungan ini bisa berlaku universal untuk perencanaan belanja rutin dan beli barang juga.

Mau buat perhitungan untuk ban mobil, servis rutin kendaraan, ganti AC, ganti TV, atau apapun program yang jumlahnya dibawah 10 juta, bisa digunakan sistim ini. Tetapi ada syaratnya tentu saja.

Apa syaratnya?

Uang ini tidak boleh diganggu, letakkan di pos khusus supaya secara naluri kita tahu uang itu tidak boleh dipakai. Kalau menggunakan falsafah orang Korea,

"Uang untuk keperluan khusus tidak boleh dipakai kecuali ada kematian"

Ya, sistim tabungan mereka memang mempunyai pos

-tabungan hari tua,
-tabungan khusus dan
-tabungan untuk dana tak terduga.

Sekarang Anda tentu mengerti kenapa orang Korea bisa menyimpan 40% penghasilan perbulan sebagai tabungan hari tuanya tanpa diganggu. Mereka biasa menjaga tabungan khususnya dengan baik, apalagi tabungan hari tuanya.

Kalau kita?

Tabungan hanya sebagai tempat penyimpanan sementara saja. Untuk dihabiskan pada saatnya nanti.

Sepertinya kita perlu mengelola keuangan seperti cara mereka mengelola tabungan mereka.

Pengelolaan keuangan memerlukan disiplin yang kuat supaya semua rencana bisa berjalan lancar dan jadi sesuai dengan rencana awal.

Pagi, Sukses n God Bless You All

Tidak ada komentar:

Posting Komentar