Senin, 05 Oktober 2015

MACAN THE KYRGYS (2)

Kemarin ditulis 3 anak Macan yang sudah berkeluarga. Yang 1 nya dimana?

Anak bungsu Macan, Baiyi masih kuliah di kota provinsi, karena peraturan China perguruan tinggi hanya ada di ibukota provinsi saja. Mungkin supaya mudah dikontrol oleh pemerintah mengingat ketatnya pengawasan disana.

Semua upaya dilakukan oleh Macan agar supaya anak bungsunya bisa bekerja di kantor dan mengangkat martabat keluarganya.

Seperti di Indonesia juga ya?

Namun betapa terkejutnya Macan saat Baiyi tidak berangkat kuliah lagi setelah musim liburan selesai. Saat ditanya mengapa tidak balik ke kota Baiyi menjawab,

"Saya tidak mau kuliah lagi, saya ingin menjadi peternak dan pemburu seperti Papa"

Dalam rasa kesalnya Macan berteriak,

"Kamu pikir enak menjadi peternak? Setiap hari harus bergelut dengan kotoran hewan. Semua hasil terbaik aku sisihkan untuk membiaya pendidikanmu dengan harapan ada anakku yang bekerja di kantor tidak harus bergulat dengan kotoran ternak. Mengapa kamu mau menjadi peternak?"

Sikap diam Baiyi melunakkan hati Macan, akhirnya dia menyerah,

"Sudahlah... Kalau memang itu keputusanmu, maka kerja keras menantimu mulai dari pagi sampai malam hari disini"

Mulailah pekerjaan berat peternak mengisi hidup Baiyi. Ujian kerasnya hidup peternak dia jalani dengan penuh kesungguhan.

Selanjutnya, sesuai budaya orang Kyrgys setiap peternak harus mempunyai Elang sebagai teman dan kebanggaannya. Macan mencari lokasi sarang burung elang di perbukitan sekitar desa.

Disaat ada info elang beranak kembar disalah satu dinding bukit, dia berangkat bersama Baiyi.

Untuk mengambil anak burung itu Macan menuruni tebing sejauh 20 meter dari bibir puncak tebing dan 100 meter diatas lembah di kaki gunung. Baiyi mengendalikan tali diatas bukit sementara Macan turun.

Saat sampai di sarang itu ternyata memang betul ada 2 burung elang, dengan teliti memilih 1 ekor saja untuk dibawa pulang dan meninggalkan anak elang yang satunya di sarang.

Macan menunjukkan bagaimana hidup sebagai peternak yang baik dan penjaga elang yang berdedikasi dalam melestarikan elang setiap saat.

Komitmen?

Betul sekali...

Pagi, Sukses n God Bless You All..
www.hentorum.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar