Rabu, 05 Maret 2014

[Cek 6 Hal Ini Sebelum Beli Franchise] Copas Mr.M.Abriza Hartawan

Beberapa Hal Yg Perlu Kita Ketahui Sebelum Membeli Franchise

1. Risiko Kehilangan Uang
Umumnya para franchisee harus membayarkan franchise fee sebagai salah satu syarat dalam membeli sebuah franchise.
Franchise fee ini sifatnya non-refundable, artinya tdk dapat diambil/ di tarik kembali setelah dibayarkan ke franchisor.
 
2. Siap Mengalami Kerugian
Sebenarnya tdk begitu penting banyaknya dana yg Anda keluarkan yg diinvestasikan tapi seberapa besar kerugian yg bisa Anda tanggung jika bisnis waralaba Anda mengalami kerugian.

3. Siap Diatur Franchisor
Saat membeli franchise kita harus siap diatur ketat oleh franchisor, terkadang ada juga franchisor yg mengambil keputusan sepihak seperti lokasi usaha, teritori yg diperbolehkan, desain gerai, & juga produk yg dijual.

4. Tidak Diperkenankan Memperpanjang Waralaba
Biasanya franchise agreement berkisar sekitar 5-20 tahun, bisa jadi bila setelah selesai perjanjian Anda tidak punya pilihan memperpanjang kontrak waralaba tersebut. Kita harus menghitung risiko, apakah ketentuan tersebut masih menguntungkan untuk Anda.

5. Konsumen Menurun
Setiap produk pasti memiliki lifecycle, Anda harus memikirkan hal tersebut. Ada kalanya sebuah produk mengalami penurunan  atau bahkan ditinggalkan konsumen.

Anda juga harus bersiap-siap dengan produk yg kita jual ternyata sudah byk di jajakan di masyarakat, hal tersebut dapat membuat masyarakat jenuh dan meninggalkan produk tersebut.

6. Praktek Tidak Fair
Anda harus hati-hati thd praktik hard sale atau mencari keuntungan sepihak dr franchisor. Lihatlah dg teliti kemampuan franchisor  serta nama baiknya, mampukah franchisor memberikan dukungan jangka panjang & kontinyu.

http://www.kliksea.wix.com
Sekian sharingnya, silakan disebarkan jika bermanfaat :)

[Cek 6 Hal Ini Sebelum Membeli Franchise]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar